26.2.11

Nutritional Secret For Successful Fat-loss & Weight Management

Banyak yang masih bingung bagaimana membagi porsi atau pilihan makanan yang tepat untuk:
• Memungkinkan cukup gizi terutama vitamin dan mineral
• Cukup energi bagi aktivitas sehari-hari tanpa menyebabkan kegemukan, tetapi tanpa menyebabkan kelaparan juga
Pada dasarnya sumber protein biasanya juga sumber lemak. Ada yang pernah bilang, dalam protein adalah elemen essensialnya, namanya Essential Amino Acids. Dalam lemak juga ada, namanya Essential Fatty Acids. Tapi dalam karbohidrat, tidak ada yang namanya Essential Carbs. So tubuh kita tidak butuh terlalu banyak karbohidrat....dan karbohidrat hanya dibutuhkan apabila seseorang itu BERLATIH DENGAN BEBAN.

Problemnya dengan obesitas yang mulai marak adalah orang yang menolak untuk latihan beban justru adalah orang yang makan karbohidratnya paling mudah kelebihan. Pola makan orang Indonesia cenderung kaya akan karbohidrat: makanan dari tepung dari adonan tempura hingga ke mie, kwetiauw, bihun, aneka kue (dari martabak sampai bolu dan serabi), biskuit (termasuk wafer, penganan tradisional, dan crackers), dan cendol, lalu gula pasir, nasi putih, krupuk, pempek, siomay, roti, dll.

Kalaupun ada kategori Essential Carbs, saya akan kategorikan FIBRE (SERAT) sebagai Essential Carbs, di mana sumber terbaiknya adalah sayur-sayuran.


Penulis : Ade Rai - Health Ambassador & Fitness Motivator