26.2.11

Mau Langsing Secara Sehat? Makan Lebih Banyak!

Kita sering berpendapat kegemukan disebabkan oleh banyak makan dan kurang aktivitas. Sehingga logikanya, untuk menguruskan maka kita perlu mengurangi makan dan perbanyak aktivitas. Mengurangi makan baik pada frekuensi dan atau jumlah ternyata malah menyebabkan tubuh menjadi kurus tetapi dengan "bayaran" kesehatan yang menurun, mengingat gizi dan energi yang masuk menjadi jauh lebih sedikit daripada sebelumnya.

Mengurangi makan, harus bisa kita sikapi secara cerdas! Tentunya, yang ingin kita kurangi adalah kalori yang masuk. Nah, volume atau ukuran makanan tetap bisa banyak (atau malah bertambah banyak) apabila pilihan makanan kita tepat.

Agar pilihan makanan tepat (kalori rendah tetapi volume makanan yang banyak), kita bisa mengedepankan penyajian makanan kukus, rebus, panggang, pepes, tumis, atau bahkan mentah untuk beberapa macam sayuran. Lalu, jadikan makanan kaya minyak (gorengan atau yang dilumuri minyak), gula, atau tepung sebagai pilihan makanan sekunder yang kita konsumsi 1x setiap minggu.

Prioritaskan juga untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran dan protein (tahu, tempe, ikan, ayam, daging, kacang, susu rendah lemak, dan lain-lain). Dengan demikian, kita bisa menurunkan berat badan secara lebih sehat. Sebab, pilihan makanan kita kaya gizi dan rendah kalori.

Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda mengambil TINDAKAN yang penting. Karena tanpa tindakan, pengetahuan yang tertuang dalam artikel ini akan menjadi sia-sia.

Penulis : Ade Rai