11.3.11

Keutamaan Air Putih

Di tengah –tengah kesibukan dan rutinitas sehari-hari terkadang kita lupa akan perlunya minum air putih. Padahal air putih memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.

Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Beberapa manfaat air putih diantaranya dapat memperlancar system pencernaan, tubuh terasa lebih bugar, menyehatkan jantung, untuk kesuburan, perawatan kecantikan, efek relaksasi, menguruskan badan, memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, dan  sebagai obat stroke.

Timbulnya beberapa penyakit sangat berkait dengan air putih. Sistem dan organ tubuh akan terganggu akibat kekurangan air. Oleh karena kekurangan air, beberapa penyakit dapat timbul.

Namun, timbulnya penyakit ini juga dapat diredam melalui terapi minum air putih. Beberapa penyakit yang dapat diredam melalui terapi minum air putih adalah:
  • Sakit Kepala
Untuk menyembuhkan sakit kepala sebaiknya mencoba terlebih dahulu minum air putih sebelum meminum obat. Sakit kepala biasanya disebabkan karena stres yang berhubungan dengan kurangnya cairan dalam tubuh.
  • Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi, dan Jantung. Air yang mengalir dalam tubuh tidak lancar menyebabkan darah juga tidak lancar. Lambatnya darah mengalir menyebabkan tekanan darah tinggi. Dengan minum air putih yang cukup membantu peredaran darah dalam tubuh.
  • Kolesterol
Minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari atau 12 gelas sehari mengurangi tingkat kolesterol tinggi dalam tubuh. Kolesterol tinggi bukan hanya disebabkan karena makan makanan yang berlemak tapi juga karena kekurangan cairan dalam tubuh.
  • Radang Sendi atau Arthritis
Dehidrasi dapat menyebabkan seseorang mengalami radang sendi. Upaya pencegahannya adalah dengan menambah takaran minum sehari-hari. Ketika mengalami radang sendi, tulang rawan mengering dan timbul rasa sakit saat bergerak. Jika tubuh mulai terasa sakit sebaiknya cepat minum air sebanyak-banyaknya. Cara ini ampuh menyembuhkan penyakit radang sendi. Jutaan orang terkena penyakit ini dan cara mudah yang efisien untuk penyembuhannya adalah dengan minum air putih secara rutin.
  • Sakit Punggung
Penyakit ini paling sering dikeluhkan. Minum air putih yang cukup agar persendian tetap memiliki cairan sehingga fungsi persendian bekerja sebagaimana mestinya.
  • Asma
Asma dan alergi dapat disebabkan oleh banyak hal seperti dari udara yang dihirup atau makan dan minum yang tidak higienis. Cara yang paling mudah adalah dengan minum sedikitnya 8 gelas per hari.
  • Sembelit dan Susah Buang Air Kecil
Untuk meredakan sembelit dan kesulitan buang air kecil, sebaiknya makan makanan segar dan minum air putih yang banyak. Terapi minum air putih ini menyebabkan proses pembuangan dalam tubuh berjalan lancar.
  • Sindrom Pramenstruasi
Sakit saat datang bulan disebabkan adanya perubahan hormonal pada tubuh. Tubuh membutuhkan tenaga tambahan dan ekstra cairan agar proses biologis menjadi lancar. Dengan minum air 8 gelas sehari maka tubuh akan memiliki cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang sehingga tegangan dan kram pada perut akan hilang dengan sendirinya.
  • Morning Sickness
Ibu yang sedang hamil harus memperhatikan pola minum air putih. Jika tidak akan mengalami sindrom morning sickness. Morning sickness tidak hanya menyebabkan dehidrasi tapi ibu hamil memang sudah terkena dehidrasi. Pencegahannya dengan minum air putih secara rutin di pagi hari dan di malam hari ketika mau tidur. Sayangnya banyak ibu yang merasa mual bila minum air putih. Sebaiknya minum air putih sedikit-sedikit sampai jumlahnya mencukupi kebutuhan tubuh.
  • Stres
Stres bisa juga disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Saat tubuh dehidrasi maka efek psikologi yang muncul sama dengan saat kita stres. Oleh karena itu, minum air putih yang memadai mengurangi tingkat stres.
  • Diet
Cara mudah melakukan diet adalah dengan minum air putih. Berat badan akan berkurang hanya dengan minum 1-2 gelas air putih setengah jam sebelum makan. Apabila timbul keinginan untuk makan cemilan segera minum air putih.

Dari penjelasan diatas kita baru sadar bahwa sangat banyak manfaat yang di dapat dari minum air putih. Oleh karena itu mulai sekarang perbanyaklah minum air putih agar hidup kita selalu sehat. …^_^